Selasa, 08 November 2011

Belajar Dasar-Dasar VB 6

Tampilan di atas merupakan tampilan yang pertama kali akan muncul jika kita membuka aplikasi visual basic 6. Untuk memulai membuat program di vb kita pilih ikon "Standard EXE" di pojok kiri atas. Setelah itu maka akan munculan tampilan seperti ini :


Itulah tampilan yang akan muncul. Pada gambar tersebut, saya sudah berikan kotak-kotak dengan warna yang berbeda-beda pula.

  1. Merah = Menu Bar
  2. Hijau = Toolbar
  3. Kuning = Project Explorer
  4. Biru = Properties Page
  5. Pink = Layar Kerja
Nah, kali ini saya akan menjelaskan fungsi dari bagian-bagian tersebut.

  • Menu Bar . Pada Menu Bar kita bisa ngesave project kita, membuka project , menjalankan project dll.  Pada dasarnya fungsi menu bar pada visual basic sama dengan menu bar yang ada di ms.word. Namun ada sedikit perbedaan . Saat kalian lihat,ada yang namanya Add Ins yang berfungsi membuat database  yang langsung terkoneksi dengan visual basic.
  • Toolbar. Pada toolbar menyediakan peralatan atau objek apapun yang bisa kita gunakan. Contohnya Command Button, Text Box, Proggres Bar.
  • Properties Page.  Masuk di properties page.Sesuai dengan namanya,kita disini dapat merubah fungsi / name / properties dari sebuah object – object yg telah kita inputkan kedalam sebuah project kita.
  • Layar Kerja.  Ini adalah tempat dimana kita mengerjakan semua project kita namanya adalah FORM,nanti ada lagi namanya Data Report,Data Environmet dll. 

0 komentar:

Posting Komentar